Tag

, , ,

Rabu, 04/11/2009 12:10 WIB
Elvan Dany Sutrisno – detikNews

Jakarta – Pimpinan KPK nonaktif Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah telah ditangguhkan penahanannya. Jika tidak terbukti bersalah, maka mereka pun harus menduduki posisi pimpinan KPK lagi.

“Kalau ternyata secara hukum tidak terbukti bersalah dan tidak bisa dibuktikan karena ternyata ada rekayasa, posisi Bibit dan Chandra harus dikembalikan posisinya kembali menjadi pimpinan KPK,” kata Ketua FPDIP Tjahjo Kumolo.

Hal ini disampaikan Tjahjo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (4/11/2009).

“Ini konsekuensi dari kepastian hukum yang tepat. Tentu saja harus didahului dengan penyidikan terkait rekaman yang diperdengarkan,” lanjut Tjahjo.

Hal senada juga disampaikan anggota Komisi III Desmond Mahesa. Menurut dia, Bibit dan Chandra harus diaktifkan lagi sebagai wakil ketua KPK bidang penindakan jika dinyatakan tidak bersalah.

“Harus diaktifkan lagi jika tidak terbukti bersalah karena ada putusan sela MK,” ujar Desmond.

Menurut Desmond, putusan sela MK tidak hanya berlaku untuk Bibit dan Chandra.

“Tetapi akan kami gunakan untuk membantu Pak Antasari. Bagaimana pun juga harus dijelaskan apakah benar pimpinan KPK terlibat karena tidak ada bukti sama sekali,” kata politisi Partai Gerindra ini.
(aan/iy)

Sumber: http://www.detiknews.com/read/2009/11/04/121030/1234881/10/jika-tak-salah-bibit-chandra-harus-kembali-jadi-pimpinan-kpk

Iklan