Tag

, ,

CENTURYGATE
Pemerintah Bersalah
Senin, 18 Januari 2010, 18:54:26 WIB
Laporan: M Hendry Ginting

Jakarta, RMOL. Melihat perkembangan dari rapat-rapat yang dilakukan Pansus Century hingga kini, khususnya setelah mendengar kesaksian Sri Mulyani, Boediono dan Jusuf Kalla, pemerintah bisa dipastikan sebagai pihak bersalah dalam kucuran dana talangan Rp 6,7 triliun itu.

“Apapun bahasa tubuhnya, dengan rencana Pansus mempertemukan JK, Boediono dan Sri Mulyani, untuk mengungkap hal yang tertutup yang tidak dilaporkan Sri Mulyani ke JK, mengindikasikan pemerintah salah,” jelas anggota Komisi III dari Fraksi Gerindra Desmond Mahesa kepada Rakyat Merdeka Online, Senin (18/1).

Menurut dia, secara hukum ketatanegaraan, tidak mungkin seorang Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan tidak melaporkan suatu kebijakan kepada JK yang pada saat itu menjabat Presiden ad interim.

“Sementara JK merasa dikadali, berarti SBY tahu. Dan tidak mungkin Sri Mulyani tidak melaporkan ke atasannya, SBY. Apalagi, Sri Mulyani saat diperiksa Pansus telah mengaku melaporkan bailout ke SBY,” tegasnya.

Kalau rekomendasi Pansus menyatakan bahwa Presiden SBY telah melanggar hukum, maka kemungkinan paling buruk adalah impeachment. Sementara, Sri Mulyani bisa dijerat kasus pidana.

“Kalau rekomenadasi Pansus seperti itu maka dituntut kewibawaan pemerintah taat hukum atau tidak. Evaluasi 100 hari ini tidak bisa dilepas dari bagian taat hukum atau tidak,” jelasnya. [ald]

Sumber: http://www.rakyatmerdeka.co.id/news/2010/01/18/86617/CENTURYGATE-Pemerintah-Bersalah

Iklan