Tag

,

Jumat, 19 Februari 2010, 07:15:28 WIB

Jakarta, RMOL. Segera Tetapkan Tersangkanya Dong!

Desakan sejumlah kalangan agar kasus Bank Century diselesaikan secepatnya terus mengalir. Mereka meminta KPK segera menetapkan tersangka dalam kasus tersebut.

Saat ini KPK masih menye­lidiki aliran dana bailout sebesar Rp 6,7 triliun yang mengalir ke Bank Century. Sudah ada pu­luhan orang yang dimintai ke­te­rangan terkait kasus tersebut, mu­lai dari pihak Bank Indonesia (BI), Lembaga Penjamin Sim­panan (LPS), Ke­mentrian Ke­uangan dan Bank Century. Bah­kan, deposan ter­besar Bank Cen­tury, Boedi Sam­poerna juga telah diperiksa.

Untuk itu KPK tetap berkoor­dinasi de­ngan lembaga terkait yang mem­bantu seperti Badan Pemeriksa Ke­ua­ngan (BPK) dan Pusat Pe­laporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK).

KPK juga bekerja sama dengan Kejagung dan kepolisian untuk me­nentukan posisi kasus itu dan men­da­patkan informasi lebih lanjut. (baca: Ada Kesepakatan Antar Tiga Lembaga).

Direktur Eksekutif Indonesia Bud­geting Center (IBC), Arif Nur Alam terus mendesak KPK me­nuntaskan ka­sus itu hingga ke aktor in­telektualnya.

Arif juga menegaskan akan terus mengontrol kinerja KPK demi penun­tasan kasus Bank Century. Apalagi jelas dalam kasus itu mengandung un­sur tidak pidana korupsi.

“Kasus ini harus jadi prioritas. Harus diungkap siapa dalang di balik kucuran dana senilai Rp 6,7 triliun,” ungkapnya.

KPK, kata dia, harus meng-update setiap tahap-tahapan dalam proses penyelidikan ke­pada publik. Ini pen­ting demi hukum yang transparan.

“Kami harap tidak lama lagi KPK bisa tetapkan tersangkanya, khususnya dari penyelenggara negara,” jelasnya.

Yang jelas, KPK harus berani meng­ambil langkah yang tepat dan adil untuk menuntaskan ini.

Hal yang sama disampaikan Di­rektur Eksekutif Komite Pe­mantau dan Pemberdayaan Par­lemen Indo­nesia (KP3I) Tom Pasar­ibu. Dia juga me­minta KPK tidak lam­ban dalam me­nuntaskan kasus ini.

“Kalau sudah ada bukti-bukti yang kuat, kenapa tidak dite­tapkan ter­sangkanya. Kami tidak mau kasus ini lamban,” katanya.

Tom juga mengingatkan, jika sampai kasus ini tidak ada hasil yang positif ke masyarakat, bisa saja terjadi people power. Tidak tertutup kemungkinan akan ter­jadi kekuatan rakyat yang akan mem­berantas kasus ini hingga tuntas.

“Kami minta semua yang terli­bat harus bertanggungjawab, begitu juga jika ada keterlibatan pejabat di jajaran pemerintah. Jika itu didiamkan rakyat bisa marah,” tuturnya.

………………….

“KPK Jadi Harapan Tuntaskan Kasus Ini”
Desmond J Mahesa, Anggota Komisi III DPR

Anggota Komisi III DPR, Desmond J Mahesa mendesak KPK menuntaskan kasus Bank Century.

“Saat rapat bersama KPK, kami terus mendorong KPK menun­tas­kan kasus tersebut. Ini sudah ter­bukti sebagai suatu tindakan pi­dana korupsi,” kata Desmond.

Desmond juga meminta ma­syarakat terus mengawasi KPK agar tidak lamban mengusut kasus tersebut. Masyarakat diminta peduli, apalagi ini berhubungan dengan uang ne­gara yang cukup besar.

Menurutnya, kasus ini sudah sangat terang benderang. Setiap tahapan untuk mengucurkan dana bailout ke Bank Century diduga terjadi pelanggaran. Baik di tahapan merger, penga­wasan BI yang lemah termasuk proses bailoutnya sendiri.

“KPK menjadi harapan u­ntuk menuntaskan kasus ini. Apalagi kasus ini sudah jelas,” tuturnya. [RM]

Sumber: http://www.rakyatmerdeka.co.id/news/2010/02/19/88359/KPK-Mau-Gelar-Perkara-Kasus-Bank-Century

Iklan