Tag

, , , , ,

Senin, 30 Agustus 2010   22:02 WIB
Seleksi Pimpinan KPK
Bambang Widjojanto Janji Tuntaskan Kasus Century
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rachmat Hidayat

TRIBUNNEWS.COM 
– Bambang Widjajanto bersama Busyro Muqodas sudah resmi diajukan oleh Pansel KPK ke Presiden SBY sebagai kandidat calon pimpinan KPK untuk kemudian diseleksi oleh DPR. Dalam hal ini, Komisi III DPR yang membidangi masalah hukum dan HAM. Bambang kepada tribunnews, Senin (30/8/2010) malam mengaku kalaupun jabatan itu kemudian diembannya, semata jabatan yang mendapat  ridho dari Allah SWT.

Bambang kemudian berjanji, akan menuntaskan segala kasus hukum yang kini ditangani oleh KPK, termasuk menyelesaikan kasus dugaan skandal Bank Century yang kini masih menjadi pertanyaan besar masyarakat. Apa kata Bambang soal ini?

“Semua masalah yang menjadi perhatian publik, harusnya menjadi perhatian juga bagi KPK. Akan tetapi, kita juga harus tahu semua ini harus ada dasar hukum yang kuat untuk bisa diajukan. Perlu waktu, dan perlu mendengar dari teman-teman KPK, progresnya sudah sampai mana. Saya beruntung, karena saya punya background sebagai lawyer sejak tahun 1988. Kalau dihitung dari LBH, sudah sejak tahun 1985. Jelek-jelek gini, sudah 25 tahun jadi lawyer,” ujarnya.

Ia berharap, pengalamannya selama menjadi lawyer yang panjang, dapat memberikan kontribusi menegakkan hukum. Menjadi pimpinan KPK, kata Bambang, tidak hanya sekedar  manajerial saja. Terkait soal kasus hukum Bank Century yang kini masih dalam tahap penyelidikan oleh KPK, memang memerlukan waktu dan memerlukan penelahaan.

“Faktanya, sekarang sedang dalam tahap penyelidikan oleh KPK. Dan KPK saat ini sudah membentuk tim, sampai berapa banyak, kini sudah tiga tim.  Karena saya saat ini bukan orang KPK, saya nggak ngikutin sampai sejauh mana. Tapi kalau saya menjadi pimpinan (KPK), saya akan memberikan perhatian atas kasus ini,” Bambang menjanjikan.

“Kasus ini (Century) memang harus menjadi perhatian, salah satunya. Kasus yang harus diperhatikan. Akan tetapi, harus kita lihat, dipelajari secara normati bukti-buktinya cukup kuat atau tidak. Dimana kelemahan dan kekuatannya. Dan ini, memang harus diberitahu kepada publik. Harus moving on, nggak bisa stag,” imbuhnya.

Sebelumnya, salah seorang anggota Komisi III DPR Desmond J Mahesa (Gerindra) secara pribadi akan memberikan dukungannya kepada  Bambang Widjojanto. Desmond saat ditemui di DPR, mengatakan, Bambang lebih punya komitmen dalam menegakkan hukum. Termasuk dalam pengusutan kasus Bank Century.

“Karena saya juga alumnus LBH, maka saya tahu siapa Bambang. Meski belum ada intruksi resmi dari partai siapa yang mendapat restu dari dua nama calon pimpinan KPK yang diajukan ke DPR nanti, saya secara pribadi merespon Bambang Widjojanto,” kata Desmond.

Sumber: http://www.tribunnews.com/nasional/2010/08/30/bambang-widjojanto-janji-tuntaskan-kasus-century

