Tag

, , ,

Sabtu, 24 Juli 2010 | 03:01 WIB
Oleh: Bayu Hermawan

INILAH.COM, Jakarta – Kasus dugaan korupsi pada proyek Sistem Administrasi Badan Hukum (Sisminbakum) muncul karena dipicu oleh konflik pribadi antara Romli Atmasasmita dengan Jaksa Agung Muda Bidang Pengawas (Jamwas) Marwan Effendi.

Perkara ini kan hanya didasari sakit hatinya Marwan dengan Romli, nah Marwan memanfaatkan kejaksaan untuk mempidanakan beberapa orang,” ucap anggota Komisi III dari Fraksi Partai Gerindra Desmon J Mahesa dalam Rapat Kerja dengan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (23/7) malam.

Sakit hati Marwan, lanjut Desmon terjadi ketika mantan Jampidsus itu gagal mencalonkan diri sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tentang kecurigaannya ini, Desmon ingin dugaannya itu dilihat sebagai fakta hukum yang harus dicermati.

“Waktu Pak Marwan ingin mencalonkan diri sebagai ketua KPK, Pak Romli menuduh dia melakukan plagiat desertasi. Dari sinilah kemudian kasus Sisminbakum mencuat,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, Komisi III sepakat agar Kejagung tidak mengeluarkan Surat Ketetapan Penghentian Penuntutan (SKPP) kasus Sisminbakum. Mestinya tunggu dahulu keputusan Yohanes Woworuntu dan kasasi Romli Atmasasmita.

Kasus ini kan prematur, kasus ini ditangguhkan dulu saja, sampai proses hukum Yohanes Waworuntu dan Kasasi Romli Atmasasmita ada putusan, pungkasnya. [bay/ikl]

Sumber: http://nasional.inilah.com/read/detail/686391/sisminbakum-sakit-hati-marwan-terhadap-romli#.Uz3DwqJpeDw

Iklan