Tag

, , ,

Sabtu, 23 Oktober 2010 16:01 wib
Lusi Catur Mahgriefie – Okezone

JAKARTA – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono harus segera menunjuk Jaksa Agung definitif, sebagai pengganti Hendarman Supandji. Sebab, jabatan tersebut vital bagi institusi hukum seperti Kejaksaan Agung.

Demikian dikatakan anggota Komisi III DPR Desmon J Mahesa saat dihubungi okezone, Sabtu (23/10/2010).

“Presiden memang harus secepatnya menetapkan Jaksa Agung definitif. Ini vital bagi institusi kejaksaan, jangan sampai ditangani lama-lama oleh Plt,” ujar Desmon.

Desmon menambahkan, agak sulit saat ini menilai Presiden dalam menunjuk siapa yang akan menjadi Jaksa Agung. Sebagai contoh, lanjutnya, saat mengajukan Kapolri.

“Tiba-tiba terdengar Ito (Sumardi), tiba-tiba Timur Pradopo. Jadi kalau ini terjadi lagi maka akan semakin muncul penilaian SBY ini peragu. Ini yang harus kita telisik,” tandasnya.

Namun, tambah Desmon, lamanya Presiden mengajukan nama untuk dijadikan Jaksa Agung memunculkan dua dugaan yaitu mencari yang terbaik atau mencari Jaksa Agung yang bisa mengamankan kepentingan dirinya.

“Ini mencari yang terbaik atau mencari JA yang bisa mengamankan kepentingan dia,” tuturnya.

Mengenai calon Jaksa Agung yang baik menurutnya, Desmon tidak mempermasalahkan apakah dari luar atau dalam tubuh Kejagung.

“Kalau internal, harapan ini tidak meyakinkan. Ada perubahan apa selama beberapa minggu ini dijabat Darmono sebagai Plt. Kalau dari eksternal, agak susah karena kecenderungan perlawanan dari internal,” papar dia.

Sebelumnya, sempat santer terdengar beberapa nama yang akan diajukan sebagai Jaksa Agung yakni Basrie Arief (mantan Wakil Jaksa Agung), Todung Mulya Lubis (advokat senior), Darmono (Plt Jaksa Agung), Benny K Harman (Ketua Komisi III), dan Tumpak H Panggabean (mantan Plt Pimpinan KPK).

Desmon menanggapi, untuk Basrie Arief, dinilai prestasinya biasa saja. “Jadi tidak ada yang luar biasa,” ucapnya.

Sementara untuk nama lainnya, politisi Partai Gerindra itu berpendapat, siapapun yang menjadi nanti ditunjuk sebagai Jaksa Agung, bukannya masalah.

“Sebenarnya saya tidak masalah selama mengabdi untuk masyarakat, dan bisa mengembalikan kepercayaan rakyat agar proses pengungkapan kasus bermutu,” pungkasnya.(lsi)

Sumber: http://news.okezone.com/read/2010/10/23/339/385637/presiden-harus-segera-tunjuk-jaksa-agung

Iklan